Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Manfaat belajar Robotika bagi anak dan tujuan masa depannya


Teknologi kini tak lagi awam bagi masyarakat. Hampir setiap hari masyarakat dihadapkan dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat. Mulai dari gadget seperti handphone dan laptop sampai dengan mesin cerdas yang dapat meringankan kerja manusia yang kita sebut dengan robot. Robot merupakan suatu perangkat mekanik yang digunakan untuk melaksanakan suatu pekerjaan yang biasanya dikerjakan oleh manusia. Robot juga dilengkapi perangkat mesin atau komputer baik sederhana maupun kompleks yang mampu mengatur gerakannya.
 
Sebagian besar masyarakat umum di Indonesia masih beranggapan bahwa robot itu selalu berbentuk layaknya manusia (Type Humanoid). Tidak ada klasifikasi atau penggolongan khusus dalam dunia robot . Hanya saja secara umum robot dibedakan berdasarkan beberapa unsur. Seperti dilihat dari ukuran, alat gerak dan fungsinya. Jika dilihat dari ukurannya, robot ada yang kecil dan ada juga yang besar. Apabila ditinjau dari alat geraknya, ada robot yang berkaki dan ada juga yang beroda. Unsur yang paling penting adalah dari segi fungsi dan kegunaan robot itu sendiri. “Tujuan dan fungsi dari robot itu sendiri pun beragam, ada robot untuk dunia industri, kesehatan, memadamkan api dan lain-lain”,

Manfaat mempelajari ilmu robotika jelas akan sangat menguntungkan bagi anak. Alasannya, dengan belajar ilmu robotika seorang anak dapat:

1.   Pembelajaran robotika juga merangsang otak anak untuk berpikir sistematis dan cara berpikir yang terstruktur sehingga dapat menyelesaikan sebuah masalah dengan akurat. Serta membantu meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak.
2.   Mengasah keterampilan anak dalam hal mendesain sebuah robot, karena dibutuhkan kreativitas dan daya imajinasi yang tinggi untuk dapat membuat sebuah robot menjadi bentuk yang diinginkan.
3. Melatih kerjasama pada anak dan meningkatkan kepercayaan diri untuk menginspirasikan pendapatnya, menerima dan menghargai pendapat orang lain serta berani menyatakan atau menampilkan ide kreatifnya dengan bebas.
4.     Melatih kesabaran dan ketekunan dalam membuat suatu projek. 

Dalam ilmu robotika terdapat beberapa bidang mata pelajaran seperti matematika, science dan teknologi, fisika dan desain. Ditambah Mekanika, Elektornika, Komputer Pemrograman.

Korelasi dengan pelajaran Matematika :
1.      Menggunakan sistem bilangan dan bentuk persamaan atau perbandingan untuk menyajikan kondisi kondisi tertentu.
2.      Menghitung, mengukur dan mengestimasi untuk menyelesaikan suatu masalah.
3.      Penerapan konsep dasar dari aljabar, geometri, teori kemungkinan (probabilitas) dan statistic.

Korelasi dengan pelajaran Science dan Teknologi :
1.      Pengetahuan tentang sistem robotika.
2.      Pengetahuan fungsi-fungsi sensor dan motor.
3.      Penerapan kemampuan Komputer dan bahasa pemrogramman.

Korelasi dengan pelajaran Fisika :
1.      Penerapan rumus kecepatan, percepatan, gaya dan beban.
2.      Pengetahuan dalam bidang mekanik elektornik.


       Dunia kerja saat ini menuntut para pelakunya memiliki wawasan luas dan fleksibitas
tinggi. Hal ini dimaksudkan agar dapat mengikuti dan beradaptasi dengan perubahan informasi dan perkembangan teknologi yang cepat di dalam era globalisasi. Kondisi seperti ini menuntut pelaku pendidikan khususnya perguruan tinggi di Indonesia sebagai penyuplai tenaga kerja tidak hanya memfokuskan diri pada pengembangan hardskill – berupa pengetahuan praktis yang lebih bersifat ilmiah dan teoritis – tapi juga harus memberi porsi pada softskill yang menjadi penunjang proses berpikir dan berperilaku seseorang.

Teknologi yang berkembang demikian cepat, juga membantu percepatan angka pengangguran. mengapa? karena sudah banyak perusahaan yang menggunakan alat bantu teknologi seperti robot, sehingga pekerjaan menjadi praktis dan efisien.tidak lagi banyak membutuhkan tenaga manusia tetapi digantikan oleh robot-robot yang lebih akurat dengan tingkat ketelitian yang tinggi dan tentu saja tidak membutuhkan Upah. Terkecuali pekerjaan tradisional masih tetap mengandalkan tenaga manusia. Dalam dunia pendidikan, perguruan tinggi yang menerapkan system ini misalnya Jurusan Teknik elektro, Teknik Mesin, Teknik Industri, Teknik Komputer kian berlomba-lomba untuk memenuhi standar sumber daya manusia yang handal dalam dunia industri yang semakin canggih ini.

3 komentar:

  1. sangat setuju pak, makasih dan salam sukses

    BalasHapus
  2. ijin copas di blog saya pak :)

    BalasHapus
  3. terimakasih atas informasinya. saya ingin merekomendasikan kounitas robot yang dapat membantu anda mengenal dunia robot lebih jauh lagi. link terkait mengenai komunitas adalah berikut ini http://robotika.blog.gunadarma.ac.id/

    BalasHapus